September 10, 2015

Diabetes tipe 1



 diabetes tipe 1
Setelah pada kesempatan yang lalu kita membahas mengenai pandangan secara global mengenai diabetes. Maka selanjutnya kita akan mulai belajar seperti apa diabetes yang didalamnya mencakup tipe atau jenis diabetes kemudian gejala dan dilanjutkan dengan penanganan, dll. Insha Allah bermanfaat pokoknya. Jadi tetap setiap di blog penyakit-diabetesmellitus ya.

Jika kita berbicara mengenai diabetes tipe 1, maka erat kaitannya dengan hormon insulin. Ada apa dengan hormone insulin? Apa hubungannya dengan penyakit diabetes tipe 1 ini? perlu anda ketahui pada kondisi normal manusia akan menghasilkan hormon insulin. Dimana hormon tersebut berfungsi sebagai penyerap nutrisi dalam darah dan menyebarkannya ke seluruh sel yang ada didalam tubuh. Nutrisi tersebut adalah sumber energy bagi setiap sel di dalam tubuh.

Nah, pada kasus diabetes tipe 1 ini. pankreas penderita akan mengalami kerusakan sehingga berkurangnya kadar hormon insulin di dalam tubuh. Karena berkurang, otomatis kinerja menyerap nutrisi menjadi terganggu dan berakibat menumpuknya nutrisi tersebut. di dalam nutrisi tersebut ada banyak sekali zat-zat dan salah satunya adalah glukosa.

Tentu saja sel-sel yang seharusnya menerima nutrisi dengan kadar tertentu menjadi berkurang otomatis asupan energi dalam tubuh pun ikut menurun. Lalu kenapa hal tersebut bisa terjadi? Penyebab terbanyaknya adalah karena sel beta pada pankreas dihancurkan oleh autoimunitas di dalam tubuh. Bahasa mudahnya sistem kekebalan tubuh menyerang organ pankreas dan menghancurkan sel beta yang ada didalamnya.

Dalam kondisi normal, tentu sistem imunitas tubuh berfungsi untuk membentengi diri dari serangan luar yang berbahaya. Namun pada kasus ini, tanpa sebab yang pasti sistem imun tersebut menyerang organ pankreas dan menghancurkan sel beta.

Walaupun nama lain diabetes tipe 1 ini adalah diabetes anak-anak namun Diabetes tipe ini dapat diderita oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Sampai saat ini diabetes tipe ini tidak dapat dicegah dan disembuhkan. Diet dan olahraga tidak mampu untuk menghilangkan penyakit ini. jalan yang terbaik adalah dengan pemberian insulin ke dalam tubuh. Tentunya tidak sembarangan memasukkan insulin ke dalam tubuh. Diperlukan pengawasan yang teliti terhadap tingkat glukosa dalam darah dengan bantuan alat.

Tanpa insulin, ketosis, dan diabetic ketoacidosis bisa menyebabkan penderita mengalami koma hingga kematian. Penekanan juga diberikan pada penyesuaian gaya hidup. Terlepas dari pemberian insulin melali pump sebanyak 24 jam sehari pada dosis yang sudah ditetapkan. Diperlukan juga pemberian dosis insulin pada saat makan.

Perawatan diabetes tipe 1 ini harus dilakukan secara terus menerus. Karena itu tadi tubuh benar-benar membutuhkan insulin. Namun perawatan yang dilakukan pada penderita diabetes tipe 1 ini tidaklah mengganggu aktivitas normal selama kesadaran mereka cukup, rajin periksa dan perawatan yang tepat.

Tingkat glukosa rata-rata untuk pasien diabetes tipe 1 ini harus mendekati angka normal yaitu 80-120mg/dl, 4-6 mmol/l. beberapa dokter menyarankan untuk sampai pada nilai 140-150 mg/dl, 7-7,5 mmol/l untuk mereka yang bermasalah seperti frequent hypoglycemic events. Jika mencapai angka 200 mg/dl, 10 mmol/l maka aka nada rasa tidak nyaman dalam tubuh mereka. Hal tersebut akan diikuti dengan buang air kecil dalam intensitas besar sehingga rawan terkena dehidrasi. Apalagi jika sampai pada angka 300 mg/dl 15 mmol/l maka dibutuhkan perawatan secepatnya karena bisa mengarah ke ketoasidosis. Sebaliknya jika gula dalam darah berkurang maka dapat terjadi hypoglycemia yang dapat mengakibatkan kejang dan kehilangan kesadaran.

Pada tahap awal, si penderita seperti tidak merasakan sakit. Berat badan dan kesehatannya sama seperti ketika tidak mereka tidak sakit. Selain itu, sensitivitas maupun respon tubuh terhadap insulin umumnya normal. 

Lalu bagaimana mengetahui apakah orang tersebut terkena diabetes tipe 1 atau tidak?
Mudah, jika anda mulai merasakan hal dibawah ini
-          Sering merasa lapar
-          Rasa gatal serta infeksi di daerah sekitar vagina atau penis
-          Pandangan mata menjadi kabur karena perubahan bentuk lensa mata
-          Turunnya berat badan anda disertai massa otot. Anda akan terlihat lebih kurus dari sebelumnya
-          Infeksi kulit

Gejala dapat berkembang dengan cepat bahkan dalam waktu beberapa hari saja. Jika anda telah mengalami hal-hal tersebut maka segera konsultasikan kepada dokter. Karena apabila sampai muntah-muntah dan susah napas maka kondisi diabetes anda atau orang yang anda kenal dalam tahap berbahaya.  Oleh karena itu perlu untuk selalu memeriksakan kondisi tubuh agar dapat segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan mengenai diabetes tipe 1. Semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Pastikan keluarga anda dalam kondisi yang sehat agar dapat selalu beraktivitas bersama-sama. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.