December 28, 2015

Kecenderungan Peningkatan Jumlah Penyandang Diabetes



Pendahuluan
Meningkatnya prevalensi diabetes mellitus di beberapa negara berkembang, akibat peningkatan kemakmuran di negara bersangkutan, akhir-akhir ini banyak disoroti. Peningkatan pendapatan per kapita dan perubahan gaya hidup terutama di kota-kota besar, menyebabkan peningkatan prevalensi penyakit degenerative, seperti penyakit jantung koroner (PJK), hipertensi, hiperlipidemia, diabetes dan lain-lain. Tetapi data epidemiologi di negara berkembang memang masih belum banyak. Hal ini disebabkan penelitian epidemiologic sangat mahal biayanya. Oleh karena itu angka prevalensi yang dapat ditelusuri terutama berasal dari negara maju.


Prevalensi Diabetes Melitus Tipe 1


Di Indonesia penyandang diabetes mellitus (DM) tipe 1 sangat jarang. Demikian pula di negara tropis lain. Hal ini rupanya ada hubungannya dengan letak geografis Indonesia yang terletak di daerah khatulistiwa. Dari angka prevalensi berbagai neraga tampak bahwa makin jauh letaknya suatu negara dari khatulistiwa makin tinggi prevalensi DM tipe 1-nya. Ini bisa dilihat pada prevalensi DM tipe 1 di Eropa. Di bagian utara Eropa, misalnya di negara-negara Skandinavia prevalensi DM tipe 1-nya merupakan yang tertinggi di dunia, sedangkan di daerah bagian selatan Eropa misalnya di Malta sangat jarang .

Di samping itu juga tampak bahwa insidens DM tipe 1 di Eropa Utara meningkat dalam 2-3 dekade terakhir. Ini menunjukkan bahwa barangkali pada DM tipe 1 faktor lingkungan juga berperan di samping yang sudah diketahui yaitu faktor genetik. Adanya kekurangan asam asptartat pada posisi 57 dari rantai HLA-DQ-beta menyebabkan orang itu menjadi rentan (susceptible) terhadap timbulnya DM tipe 1. Tetapi kenyataan lain menunjukkan bahwa faktor lingkungan sangat berperan. Ini tampak pada angka prevalensi DM tipe 1 di dua negara dimana secara etnik tidak berbeda tetapi prevalensi DM tipe 1 di Estonia hanya 1/3 dari Finlandia.

Dengan ditemukannya dua faktor tadi yaitu faktor genetik (non-Asp 57) dan faktor lingkungan maka di masa mendatang, upaya pencegahan timbulnya DM tipe 1 bukanlah suatu hal yang mustahil.

Di Indonesia prevalensi DM tipe 1 secara pasti belum diketahui, tetapi diakui memang sangat jarang. Ini mungkin disebabkan oleh karena Indonesia terletak di khatulistiwa atau barangkali faktor genetiknya memang tidak menyokong, tetapi mungkin juga karena diagnosis DM tipe 1 yang terlambat hingga pasien sudah meninggal akibat komplikasi sebelum didiagnosis.


Prevalensi Diabetes Melitus Tipe 2


Lain halnya pada DM tipe 2 yang diliputi lebih 90% dari semua populasi diabetes, faktor lingkungan sangat berperan. Prevalensi DM tipe 2 pada bangsa kulit putih berkisar antara 3%-6% dari orang dewasanya. Angka ini merupakan baku emas untuk membandingkan prevalensi diabetes antar berbagai kelompok etnik di seluruh dunia. Dengna demikian kita dapat membandingkan prevalensi di suatu negara atau suatu kelompok etnis tertentu dengan kelompok etnis kulit putih pada umumnya. Misalnya di negara-negara berkembang yang laju pertumbuhan ekonominya sangat menonjol, misalnya di Singapura, prevalensi diabetes sangat meningkat disbanding dengan 10 tahun yang lalu. Demikian pula pada beberapa kelompok etnik di beberapa negara yang mengalami perubaha gaya hidup yang sangat berbeda dengan cara hidup sebelumnya karena memang mereka lebih makmur, prevalensi diabetes bisa mencapai 35% seperti misalnya di beberapa bangsa Mikronesia dan Polinesia di Pasifik, Indian Pima di Amerika Serikat. Prevalensi tinggi juga ditemukan di Malta, Arab Saudi, Indian Canada dan Cina di Mauritius, Singapura dan Taiwan.

Tentang baku emas yang tadi dibicarakan, sebenarnya juga ada keistimewaannya, misalnya suatu penelitian di Wadena Amerika Serikat, mendapatkan bahwa prevalensi pada orang kulit putih sangat tinggi dibandingkan dengan baku emas tadi (Eropa) yaitu sebesar 23,2% untuk semua gangguan toleransi glukosa, terdiri dari 15,1% Toleransi Glukosa Terganggu (TGT) dan 8,1% DM tipe 2. Dengan kenyataan ini dapat diambil kesimpulan bahwa faktor lingkungan sangat berperan. Hal ini dapat dilihat pada studi Wadena tadi bahwa secara genetik mereka sama-sama kulit putih, tetapi di Eropa prevalensinya lebih rendah. Disini jelas karena orang-orang di Wadena lebih gemuk dan hidupnya lebih santai. Hal ini akan berlaku bagi bangsa-bangsa lain, terutama di negara yang tergolong sangat berkembang seperti SIngapura, Korea dan barangkali Indonesia

Contoh lain yang baik bahwa faktor lingkungan sangat berpengaruh adalah di Mauritius, suatu negara kepulauan, yang penduduknya terdiri dari berbagai kelompok etnik. Pada suatu penelitian epidemiologic yang dilakukan disana dengan jumlah responden sebanyak 5.080 orang, didapatkan prevalensi TGT dan DM tipe 2 adalah sebagai berikut 


Dari angka-angka di atas tampak bahwa pada bangsa-bangsa India, Cina, dan Creole (campuran Afrika, Eropa dan India) prevalensi DM jauh lebih tinggi dari baku emas, padahal di negara asalnya sangat rendah. Misalnya di Cina daratan prevalensi diabetes sangat rendah. Juga di India sangat rendah dengan catatan di beberapa bagiand ari India bagian selatan sudah menunjukkan peningkatan. Di Afrika juga rendah, tetapi pada bangsa Afrika yang tinggal di Amerika Serikat, Inggris, Mauritius dan Suriname prevalensi DM sangat tinggi. Perlu diketahui bahwa keadaan ekonomi di Mauritius untuk golongan etnik tadi jauh lebih baik dibandingkan dengan negara asalnya.

Dari data ini semua dapatlah disimpulkan bahwa faktor lingkungan terutama peningkatan kemakmuran suatu bangsa akan meningkatkan prevalensi diabetes. Bahwa kekerapan akan menjadi dua kali lebih tinggi dalam waktu 10 tahun bukanlah suatu hal yang mustahil terutama di negara berkembang yang pertumbuhan ekonominya sudah mapan. Keadaan ini tentu saja harus diantisipasi oleh pembuat kebijaksanaan pelayanan kesehatan di negaranya, masalah ini harus dipertimbangkan.

Data terakhir adalah data dari IDF tahun 2006 seperti tampak pada gambar 1, prevalensi di negara-negara timur tengah paling tinggi (diatas 20%) disusul Mexico.

Indonesia termasuk dalam kelompok dengan prevalensi yang paling rendah saat itu. Ini mungkin karena Indonesia belum punya angka nasional resmi. Yang lebih memprihatinkan adalah komposisi umur pasien diabetes di negara maju kebanyakan sudah berumur 65 tahun jadi pada umur yang sudah tidak produktif lagi, sedangkan di negara berkembang kebanyakan pasien diabetes berumur antara 45 sampai 64 tahun, golongan umur yang masih sangat produktif.



Diabetes di Indonesia


Menurut penelitian epidemiologi yang sampai tahun delapan puluhan telah dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia, prevalensi diabetes berkisar antara 1,5 s/d 2,3%, kecuali di Manado yang agak tinggi sebesar 6%.

Hasil penelitian epidemiologis berikutnya tahun 1993 di Jakarta (daerah urban) membuktikan adanya peningkatan prevalensi DM dari 1,7% pada tahun 1982 menjadi 5,7% pada tahun 1993. Kemudian pada tahun 2001 di Depok, daerah sub-urban di selatan Jakarta menjadi 12,8%. Demikian pula prevalensi DM di Ujung Pandang yang sekarang menjadi nama Makassar (daerah Urban), meningkat dari 1,5% pada tahun 1981 menjadi 3,5% pada tahun 1998 dan terakhir pada tahun 2005 menjadi 12,5%.

Di daerah rural yang dilakukan oleh Arifin di suatu kota kecil di Jawa Barat angka itu hanya 1,1%. Di suatu daerah terpencil di Tanah Toraja didapatkan prevalensi DM hanya 0,8%. Disini jelas ada perbedaan antara urban dan rural, menunjukkan bahwa gaya hidup mempengaruhi kejadian diabetes. Di Jawa Timur angka itu tidak berbeda yaitu 1,43% di daerah urban dan 1,47% di daerah rural. Hal ini mungkin disebabkan tingginya prevalensi Diabetes Melitus Terkait Malnutrisi (DMTM) yang sekarang dikategorikan sebagai diabetes tipe pankreas di Jawa Timur, sebesar 21,2% dari seluruh diabetes di daerah rural.


Melihat tendensi kenaikan prevalensi diabetes secara global yang tadi dibicarakan terutama disebabkan oleh karena peningkatan kemakmuran suatu populasi, maka dengan demikian dapat dimengerti bila suatu saat atau lebih tepat lagi dalam kurun waktu 1 atau 2 dekade yang akan datang kekerapan DM tipe 2 di Indonesia akan meningkat dengan dratis, yang disebabkan oleh beberapa faktor :

1.       Faktor keturunan (genetik)
2.       Faktor kegemukan / obesitas
-          Perubahan gaya hidup dari tradisional ke gaya hidup barat
-          Makan berlebihan
-          Hidup santai, kurang gerak badan
3.       Faktor demografi
-          Jumlah penduduk meningkat
-          Urbanisasi
-          Penduduk berumur diatas 40 tahun meningkat
4.       Berkurangnya penyakit infeksi dan kurang gizi

Dalam Diabetes Atlas 2000 (international Diabetes Federation) tercantum perkiraan penduduk Indonesia diatas 20 tahun sebesar 125 juta dan dengan asumsi prevalensi DM sebesar 4,6%, diperkirakan pada tahun 2000 berjumlah 5,6 juta. Berdasarkan pola pertambahan penduduk seperti saat ini, diperkirakan pada tahun 2020 nanti aka nada sejumlah 178 juta penduduk berusia diatas 20 tahun dan dengan asumsi prevalensi DM sebesar 4,6% akan didapatkan 8,2 juta pasien diabetes.

Penelitian terakhir yang dilakukan oleh Litbang Depkes yang hasilnya baru saja dikeluarkan bulan Desember 2008 menunjukkan bahwa prevalensi nasional untuk TGT 10,25% dan diabetes 5,7% (1,5% terdiri dari pasien diabetes yang sudah terdiagnosis sebelumnya, sedangkan sisanya 4,2% baru ketahuan diabetes saat penelitian). Angka itu diambil dari hasil penelitian di seluruh provinsi seperti tampak pada gambar 5. Tampak bahwa Kalbar dan Maluku Utara menduduki peringkat prevalensi diabetes tertinggi tingkat propinsi.

Dengan hasil penelitian ini maka kita sekarang untuk pertama kali punya angka prevalensi nasional. Sekedar untuk perbandingan menurut IDF pada tahun 2006 angka prevalensi Amerika Serikat 8,3% dan Cina 3,9%, jadi Indonesia berada diantaranya. Di Malaysia, negara tetangga/serumpun Indonesia terdekat, pada 3rd National Health and Mortality & Morbidity Survey in Malaysia 2006 didapatkan prevalensi yang tinggi yaitu 14,90%, tetapi survey ini dilakukan pada individu diatas 30 tahun, sedangkan di Indonesia populasi survey melibatkan individu 15 tahun keatas.

Kesimpulan


Jumlah penyandang diabetes terutama diabetes tipe 2 makin meningkat di seluruh dunia terutama di negara berkembang karena perubahan gaya hidup salah yang menyebabkan obesitas. Faktor urbanisasi dan meningkatnya pelayanan kesehatan merupakan faktor penting juga karena usia menjadi lebih panjang. Untuk pertama kalinya Indonesia mempunyai data Nasional prevalensi diabetes untuk daerah urban sebesar 5,7% berkat penelitian yang baru saja selesai dilakukan oleh Litbangkes Depkes.

Daftar Pustaka

1.       Arifin Agusta YL. Deskripsi Pasien Diabetes di Suatu Masyarakat di Jawa Barat. Buku program dan kumpulan ringkasan. Simposium Nasional Endokrinologi II Bandung 1995 hal 3
2.       Krall LP, Beaser RS. Joslin Diabetes Manual. 12th Ed 1989.
3.       Prevention of Diabetes Mellitus. WHO Technical Report Series 844, 1994.
4.       Suyono S. Upaya Pencegahan Primer Diabetes dan Sekunder dalam Mengantisipasi Ledakan Penderita Diabetes Menjelang Abad 21. Pidato pengukuhan guru besar FKUI 1992
5.       Zimmet P, Serjeantson S. The Epidemiology of Diabetes Mellitus and Its Relationship with Cardiovaskular Desease in PJ Lefebvre, E Standl (eds)New Aspects in Diabetes, Treatment Strategy with Alpha-Glucosidase Inhibitors, De Gruyter 1992:5-21
6.       Soegondo S, Subekti I. consensus pengelolaan diabetes mellitus tipe 2 di Indonesia 2002. PB Perkeni.
7.       Wild S et al Diabetes Care 2004;27:1047-53
8.       Diabtes Atlas Third edition 2006
9.       Riskesdas 2007, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan, Republik Indonesia.
10.   3rd National Health and Mortality & Morbidity Survey in Malaysia 2006.
 

 

No comments:

Post a Comment