January 4, 2016

Apakah Diabetes Dapat Menyebabkan Kemaluan Gatal?



penyebab kemaluan gatal
Menjaga kebersihan tentulah menjadi kewajiban bagi tiap individu. Tak terkecuali  menjaga kebersihan di daerah kemaluan. Lalu bagaimana jadinya jika sudah dibersihkan namun timbul rasa gatal di daerah tersebut. Jika sudah seperti itu maka anda harus berhati-hati karena ada yang tidak beres dengan daerah tersebut. Ada banyak sebab kenapa kemaluan anda gatal, namun tentu ini ada hubungannya dengan penyakit diabetes.


Pernahkah anda mengalami gatal-gatal di daerah kemaluan? Apakah anda merasa ada yang aneh dengan alat kemaluan anda?

Berikut pertanyaan seputar hal tersebut dan jawaban yang diberikan dr. Charles Fox

Saya perempuan dan kemaluan saya sering gatal dan kering. Dokter mengatakan bahwa hal tersebut disebabkan oleh diabetes. Apakah hal tersebut benar?

Perempuan yang menderita diabetes akan mengalami rasa gatal di sekitar vagina atau yang disebut prutus vulva. Hal ini dapat pula terjadi pada pria. Mereka akan merasa gatal di sekitar ujung penis yang disebut balanitis. Kulup penis yang terasa gatal dapat mengeras (fimosis) sehinga kulit tidak elastic dan sulit dibersihkan.

Masalah tersebut disebabkan oleh adanya infeksi, terutama oleh jamur kulit yang bernama Candida. Jamur ini berkembang karena adanya penumpukan glukosa di sekitar alat kemaluan. Obat anti jamur hanya dapat mengurangi pertumbuhan dari jamur ini saja, tidak untuk mengobati.

Cara yang paling efektif adalah dengan menghilangkan gula dalam urin.