January 30, 2016

Kadar Gula Darah Yang Tinggi Dapat Merusak Organ Seksual


Kadar Gula Darah Tinggi Dapat Merusak Organ Seksual
Gula Darah Tinggi Dapat Merusak Organ Seksual
Sumber Gambar : techno4anyone.blogspot.com

Komplikasi bisa terjadi akibat kadar gula yang tidak terkontrol. Banyak sekali yang dapat timbul dari komplikasi seperti penyakit jantung, stroke, kebutaan, bahkan amputasi. Namun ada salah satu komplikasi yang paling ditakuti banyak orang yang menderita diabetes, yaitu adanya gangguan pada organ seksual.


Prof. Dr. Agung Pranoto, Sp.PD-KEMD mengatakan bahwa gangguan pada organ seksual bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. “Komplikasi ini terjadi akibat kadar gula yang tidak terkontrol,” katanya.

Kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan kelainan syaraf atau bisa disebut dengan neuropati.

Pada wanita, neuropati ini bisa menyebabkan keputihan akibat infeksi jamur dan vagina kering. Kondisi ini membuat wanita malas untuk berhubungan seksual. Sementara itu pada pria neuropati ini dapat menyebabkan disfungsi ereksi atau ketidakmampuan untuk ereksi. Kalau disfungsi ereksi karena faktor usia mungkin bisa dimaklumi, namun jika bukan itu tentu yang mengalami akan depresi karenanya.


Kondisi ini terjadi apabila gula darah naik dengan cepat dan diperparah dengan kebiasaan merokok. Sehingga disfungsi ereksi ini bisa terjadi pada usia yang sangat muda. Tentu ini akan membawa dampak pada penderita diabetes.

“Kalau gula darahnya terkontrol dengan baik, kemudian kolesterolnya juga baik, tekanan darahnya juga baik, maka mereka tidak ada bedanya dengan orang sehat pada umumnya.”