June 8, 2016

Penderita Diabetes Harus Memperhatikan 5 Hal Berikut Saat Melakukan Puasa


5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Puasa
Sumber Gambar : pl.wikipedia.org
Bulan Ramadhan adalah bulan dimana seorang muslim belajar untuk menahan lapar dan dahaga. Tujuannya untuk bisa merasakan penderitaan saudara-saudaranya yang masih banyak kelaparan. Namun untuk penderita diabetes, harus memiliki persiapan yang lebih terlebih dalam menjaga kadar gula darah dalam tubuh.


Disajikan dari laman CBC, dr. Tyceer Abouhassan dan Nouhad Mokdad (seorang ahli diet) memberikan sedikit tips bagi diabetes selama menjalani puasa di bulan Ramadhan.


Berbuka dengan porsi lebih kecil
Diabetesi berbeda dengan mereka yang tidak terkena diabetes. Lebih baik jika masuk waktu berbuka mendahulukan mengonsumsi kurma dan air putih. Jangan langsung makan makanan berat saat berbuka. Kemudian pada saat makan setelah mengerjakan sholat magrib juga harus dijaga. Jangan asal makan makanan, sebaiknya pilih makanan yang mengandung protein.

Kenapa? Agar tubuh dapat menyerap nutrisi yang ada sehingga tubuh tidak menimbun. Coba bayangkan jika waktu makan langsung makan nasi dengan porsi besar. Maka bisa dipastikan kadar gula akan langsung naik. Dan ini akan berbahaya bagi kesehatan diabetes.

Seimbang antara protein dan karbohidrat
Mokdad, seorang ahli diet mengatakan bahwa penderita diabetes sebaiknya memperhatikan keseimbangan kandungan protein dan karbohidrat dalam makanan mereka. Hal ini akan bermanfaat untuk menstabilkan gula darah saat berpuasa. Sebaiknya hindari minum yang manis seeprti jus yang dicampur dengan gula dan susu.

Banyak minum air putih
Abouhassan menyarankan kepada diabetesi untuk rajin-rajin mengonsumsi air putih. Setidaknya minimal dalam sehari diabetesi minum 4 gelas air putih. Hal ini akan membantu tubuh tetap terhidrasi dan mencegah dari sakit kepala. Beliau menambahkan untuk mengonsumsi air putih sebotol setiap sebelum makan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh selama 1 hari berpuasa.

Cek kesehatan
Hal ini jangan sampai dilupakan oleh diabetes. Untuk langkah amannya memang dengan rutin cek kesehatan. Agar dapat mengetahui kondisi kesehatan saat ini. Jika memang dirasa ada gangguan yang tidak mungkin dihindari maka dapat membatalkan puasa (karena memang ada keringanan). Tentunya konsultasi kepada dokter tidak bisa dipisahkan.

Itulah kelima hal yang harus benar-benar diperhatikan diabetesi agar aman dan nyaman ketika menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan dapat menjadi pemberat amal kebaikan kita di akhirat.

Baca Artikel Terkait : Pedoman Puasa untuk diabetesi