June 10, 2016

Jangan Anggap Remeh Penyakit Tidak Menular Seperti Diabetes Melitus, Karena Bisa Sebabkan Kematian



Jangan Meremehkan Diabetes Melitus
Sumber Gambar : icandopoppin.com

Penyakit tidak menular bukan berarti penyakit yang tidak berbahaya. Kebanyakan orang sering meremehkan penyakit tidak menular seperti hipertensi dan diabetes. Jangan sampai anggapan remeh tersebut berujung pada kefatalan seperti kematian.


Menurut dr Niken Palupi, MKM dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI menjelaskan dalam seminarnya, “ Jangan sampai menganggap remeh Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti diabetes. Kebanyakan masyarakat menganggap bahwa usia lansia menderita diabetes adalah wajar. Padahal tidak begitu.

Faktanya diabetes masuk ke dalam 5 penyakit yang menyebabkan kematian terbesar di Indonesia. Selain diabetes, disana juga terdapat jantung, kanker, stroke, dan kecelakaan lalu lintas.


Dr Niken mengatakan bahwa nanti diprediksi penduduk Indonesia akan mengalami lonjakan sebesar 305 juta pada tahun 2035. Tentu hal ini dibarengi dengan kenaikan jumlah remaja dan lanjut usia. Seharusnya dengan meningkatnya jumlah penduduk, juga harus dibarengi peningkatan pencegahan penyakit tidak menular

Sedangkan penyakit menular semakin meningkat hingga 26,1% . kebanyakan karena kurang melakukan aktivitas fisik. Resiko lain seperti merokok bisa sampai 36,3% dan yang kurang mengonsumsi sayur dan buah luar biasa besarnya yaitu mencapai 93,5%.

Perlu kami tekankan sekali lagi akan nasib bangsa ini. Coba bayangkan saja 1 dari 4 orang bisa rusak akibat PTM. Oleh karena itu kami menggencarkan bagaimana agar masyarakat bisa lebih peka terhadap penyakit-penyakit ini termasuk diabetes. Dan diharapkan mereka dapat hidup dengan perilaku hidup sehat sehingga target bisa tercapai.