June 9, 2016

Luka Yang Terdapat Pada Pasien Diabetes

Luka Penderita Diabetes
Sumber Gambar : id.wikipedia.org
Ada sebuah pertanyaan terkait bagaimana penyembuhan luka pada pasien diabetes. Ketika saya membuka email, saya mendapatkan berita yang cukup menarik yaitu ada seseorang yang bertanya  terkait luka yang diderita ayah temannya. Pertanyaannya seagai berikut.


“Dok, Ayah Teman saya adalah pasien diabetes dan pada kakinya terdapat luka yang cukup parah sehingga ayahnya tidak bisa lagi bekerja. Pertanyaan saya, apakah luka tersebut sulit untuk disembuhkan? Bagaimana cara mengobatinya? Terima kasih”

Mungkin anda bertanya, bagaimana anda bisa mendapatkan berita tersebut? Jawabannya simpel, karena saya berlangganan berita di google. Sehingga ketika ada update terbaru mengenai berita apapun akan saya terima melalui email saya. Enak bukan.


Baik, lanjut ke pembahasan kita mengenai luka pada pasien diabetes.

Kira-kira pertanyaannya seperti itu. Lalu oleh dr. Citra Roseno pertanyaan tersebut dijawab seperti berikut.

Penyakit diabetes memang membuat luka yang ada menjadi sulit untuk disembuhkan. Oleh karena itu tentu luka yang dialami pasien diabetes harus mendapatkan perawatan dengan tepat agar mudah untuk disembuhkan.

Nah, terkait luka yang terdapat pada area kaki memang harus mendapatkan perhatian yang cukup serius, karena luka tersebut berada pada area yang selalu mendapatkan penekanan sehingga luka yang ada akan menjadi semakin dalam.

Dari seluruh pasien diabetes yang ada, 15% diantaranya menderita ulkus diabetes pada kaki, dan 12%-14% diantara yang menderita luka tersebut akan berujung pada amputasi.

Oleh karenanya perawatan luka pada penderita diabetes bisa dilakukan dengan cara menjaga agar daerah yang terluka tetap bersih, kemudian bagian yang tidak terkena luka agar dioleskan pelembab kulit. Yang perlu diingat sekali lagi adalah luka tidak boleh mengalami penekanan karena akan berakibat semakin dalamnya luka tersebut sehingga penanganannya akan menjadi lebih sulit.


Menurut PERKENI 2006, pengendalian luka pada pasien diabetes dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  • -          Kontrol metabolik
  • -          Kontrol vaskular
  • -          Kontrol infeksi
  • -          Kontrol luka
  • -          Kontrol edukasi
Untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan terbaik, maka saya sarankan agar ayah teman anda dibawa ke dokter spesialis penyakit dalam. Demikian apa yang bisa saya jawab.

itulah saran yang diberikan dokter tersebut kepada sipenanya. Kita berdoa semoga yang sakit dapat disembuhkan oleh Allah Ta'ala. Demikian artikel pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment