September 28, 2016

15 Artis Dunia yang Mempunyai Penyakit Diabetes



Orang sering berpikir bahwa serangan diabetes tipe 2 hanya mengarah kepada mereka yang memiliki obesitas dan kurang gerak, atau mereka yang memakan makanan tidak sehat.

Tapi, siapaun itu, tidak peduli ia orang biasa ataupun artis kelas dunia, bahkan orang terkaya di dunia sekalipun dapat terdiagnosisi diabetes. Jadi waspadalah.

Terkait hal tersebut, berikut daftar artis dunia yang memiliki beberapa resiko terkena diabetes. Banyak diantara mereka yang terkejut ketika mendengar hasil diagnosis yang diberikan. Namun, semuanya telah membuat perubahan besar dalam hidupnya yaitu hidup sehat yang telah mereka mulai. Dan pada hari ini mereka akan berbicara mengenai diabetes tipe 2 ini.

Tom Hanks

Siapa yang tidak kenal Tom Hanks. Semua pastilah kenal dengan artis satu ini. Sebelum terdiagnosis terkena diabetes, beliau memiliki pola makan yang kurang sehat sehingga menyebabkan peningkatan kadar gula darah selama bertahun-tahun. Nah, pada tahun 2013 dia positif terkena diabetes tipe 2. Hal tersebut berarti membukukan dirinya dalam daftar jutaan orang Amerika yang terkena penyakit diabetes.

Sementara itu bertambahnya berat badan merupakan faktor resiko yang harus ditanggungnya. Namun, ia kehilangan sekitar 50 pounds ketika bermain di film Cast Away. Tentunya setiap peran yang ia ambil memerlukan berat badan yang dibutuhkan untuk film tersebut.

Paula Deen
Ia merupakan koki selebritis seperti halnya farah queen, juna, marinka dan chef lainnya. Ia menjelaskan bahwa ia terkena diabetes pada umur 64 yaitu di tahun 2012. Ia sangat ahli dalam meramu makanan. Anda dapat berkunjung ke situsnya di pauladeen.com

Sementara diet yang tidak sehat bukan berarti anda akan terkena diabetes tipe 2. Kelebihan berat badan yang meningkatkan resistensi insulin merupakan faktor resiko terkuat akan jenis diabetes tipe 2. Adapun yang lain termasuk penuaan, gen, dan masih banyak lagi.

Halle Berry
Aktris yang pernah bermain di film catwoman ini mengidap diabetes tipe 1 pada usia 22 tahun. Sebelumnya ia menderita sakit dan koma dalam beberapa minggu. Pada tahun 2007, ia mengumumkan bahwa ia telah meninggalkan insulin.

Dokternya mengatakan bahwa kemungkinan ia terkena diabetes tipe 2, karena jika ia menderita diabetes tipe 1 maka ia tidak akan lepas dari suntikan insulin. Sejak ia dinyatakan sehat dan bugar, dokter mulai mengesampingkan diabetes tipe 2, dimana biasanya mempengaruhi orang-orang yang berusia muda jika mereka memiliki obesitas.

Paul Sorvino
Pemain film The Goodfellas dan Law & Order ini didiagnosis terkena diabetes tipe 2 pada tahun 2006. Pada saat itu ia merasa sangat lelah dan haus yang sangat selama berbulan-bulan. Putrinya Mira, yang juga seorang aktor,  mendorong bapaknya agar hidup sehat setelah ia hampir pingsan dalam acara makan malam.

Sekarang ia memiliki diabetes di bawah kendali berkat makan makanan sehat, berolahraga, pengobatan dan pemberian suntik insulin setiap hari.

Randy Jackson
Produser dan juri dalam American Idol ini terdiagnosis diabetes pada tahun 2002. Pada saat itu ia memiliki berat 300 pounds. Kemudian ia mengalami gejala flu yang ternyata terjadi kenaikan kadar gula darah yang cukup tinggi (lebih dari 500, yang padahal secara normal berkisar pada 80 hingga 120).

Walaupun ayahnya terkena penyakit diabetes, namun ia tidak menyangka akan mengikuti jejak ayahnya tersebut. Setelah ia melakukan orepasi lambung, ia kehilangan berat badan hampir 100 pon. Sekarang level diabetesnya di bawah kendali (normal) dengan olahraga dan makan makanan sehat setiap hari.

Mike Huckabee
Seorang mantan calon presiden dan menjadi host pada Fox News menjadi berita utama pada tahun 2004. Kemudian menjadi gubernur Arkansas (dijuluki “Wide-Body” oleh pres). Ia kehilangan 105 pounds karena diabetesnya

Ia positif terkena diabetes pada tahun 2003 setelah ia terbangun dengan lengan mati rasa dan kesemutan. Awalnya ia sempat frustasi dengan diabetesnya. Namun setelah kematian beberapa temannya, akhirnya ia tergugah untuk melakukan pola hidup sehat agar ia bisa bertahan lebih lama.

Ia turun dari yang awalnya mengonsumsi 3000 kalori menjadi 1600 setiap harinya. Dua tahun kemudian, ia menyelesaikan beberapa maraton, dan pada hari ini ia mengaatakan bahwa ia telah membalikknya semua tanda-tanda diabetesnya.

Delta Burke
Mantan bintang perancang busana untuk wanita ini didiagnosis diabetes tipe 2 pada tahun 1997 saat umurnya 41 tahun.

Ia berkata bahwa ia belajar bagaimana ketika di lokasi syuting, ia memiliki beberapa jenis makanan ringan yang harus tersedia. Ia mengatakan hal tersebut kepada dLifeTV, sebuah program yang terkait dengan situs diabetes populer.

Ia melanjutkan, “Saya tes gula darah di depan umum, dan kemudian saya memberikan suntikan insulin di depan orang dan setelah beberapa saat gula darah saya menjadi normal.”

Pada tahun 2005, burke menggunakan obat diabetes yang membantunya untuk memberikan badan sehat dan menormalkan kadar gulanya.

Dick Clark
Pada bulan April 2004, legenda penyiaran Clark mengumumkan bahwa dirinya menderita diabetes tipe 2. Ia didiagnosis 10 tahun sebelumnya, pada usia 64 tahun dimana ketika itu ia bertepatan pergi menjadi juru bicara yang dibayar untuk American Association of Diabetes Educators.

Pada tahun itu, Clark mengalami stroke (bahaya umum bagi penderita diabetes) dan tidak kembali ke TV sampai perhitungan malam tahun baru 2005-2006. Pada tahun 2009, Clark menyampaikan pada USA Today bahwa ia merasa baik-baik saja meskipun stroke yang ia alami membuatnya sulit berjalan dan berbicara. Clark meninggal pada tahun 2012 di usianya yang ke 82 tahun setelah terkena serangan jantung pasca operasi.

Billie Jean King
“siapapun dapat terkena diabetes, bahkan seorang atlet sekalipun,” kata juara tenis Billie Jean King, yang didiagnosis dengan diabetes tipe 2 di usianya 63 tahun.

King, yang mendirikan Women’s Sports Foundation pada tahun 1974, memiliki riwayat keluarga diabetes dan juga memiliki gangguan makan di masa lalunya. “Saya adalah seorang “binge eater” sebutan untuk orang yang suka pesta. Saya tidak pesta makan lagi, namun sekitar 10 tahun yang lalu saya menjadi kejam kepada organ pankreas saya sendiri.”

Untuk menjaga agar kondisinya selalu terkendali, ia sering berolahraga, minum obat, dan tes gula darah sekali atau dua kali sehari.

Patti Labelle
Pemenang Grammy Award ini tidak tahu kalau dirinya memiliki diabetes tipe 2 sampai ia jatuh pingsan di atas panggung pada tahun 1994. “saya kecanduan ayam goreng dan pasta,” katanya kepada People pada tahun 2008.

Ia sendiri sejatinya tidak asing dengan komplikasi diabetes, karena ibunya telah mengalami amputasi kaki dan pamannya yang mengalami kebutaan akibat penyakit diabetes. Jadi ia merubah teknik memasaknya agar jangan sampai mengalamai apa yang keluarganya alami sebelumnya.

The “divabetic” menunjuk dirinya dimana ia telah merilis 3 buah buku masak yang mencakup resep diabetes yang mudah untuk diaplikasikan.

Larry King
Pembawa berita CNN yang berusia 79 tahun ini telah pensiun di akhir tahun 2010. Dimana ia telah menjalani pengobatan diabetesnya sejak tahun 1995. King mengatakan kepada majalah Diabetes Forecast bahwa sebelum dia didiagnosis terkena diabetes, ia tidak memiliki gejala apapun.

Ia mengakui bahwa dirinya memiliki riwayat penyakit jantung. Bagaimanapun ia berkesimpulan adanya hubungan antara penyakit jantung dengan diabetes yang dialaminya. “Dokter ahli jantung saya berkata bahwa diabetes adalah penyakit jantung.” Setelah serangan jantung di tahun 1987, King berhenti merokok, dan ia kehilangan berat badannya. Ia pun akhirnya merubah kebiasaan makan dan pada tahun 2004, ia menulis sebuah buu yang berjudul Taking on Heart Disease.

Sherri Shepherd
Shepherd didiagnosis dengan diabetestipe 2 pada tahun 2007, hari sebelum ia ditunjuk menjadi cohost pada acara the View. Meskipun demikian, shepherd tidak merubah kebiasaan makannya sampai ia mempunyai apa yang ia sebut sebagai visi untuk tahun kedepannya.

“Saya mempunyai visi dari anak saya yang bernama Jeffrey, dimana dia berusia 2 tahun kala itu. Pada sat itu ia terbaring di tempat tidur dan menangis karena ia ingin mencari tahu seperti apa surga dan dimana letaknya. Karena setiap orang akan berkata bahwa saya akan berada disana,” katanya kepada majalah Diabetes Forecast pada tahun 2009. Shepherd melangsingkan badannya yang dulunya 16 menjadi 4 dengan bantuan ahli gizi dan pelatih pribadinya.

Drew Carey
Ia menjadi terkenal sebagai artis sinetron dan bintang komedian yang memiliki kelebihan berat badan pada tahun 2010. Carey mengakui bahagia setelah ia turun 80 pound. Kepada majalah People, Carey menjelaskan bahwa setelah ia mampu mengurangi berat badannya, ia dapat berhenti minum obat diabetes.

“Setelah saya mengecilkan ukuran celana saya, maka itu menjadi lebih mudah,” katanya. “Karena jika anda melihat hasilnya, maka anda tidak akan ingin berhenti untuk terus berusaha.”

David “Boomer” Wells
Mantan pemain Major League Baseball Wells adalah salah satu pitcher terbaik yang bertangan kidal, tapi ia berjuang akan berat badannya selama bertahun-tahun. Ia menulis dalam otobiografinya bahwa ia setengah mabuk ketika “pitched” di permainan untuk New York Yankees pada tahun 1998.

Ketika ia didiagnosis dengan diabetes tipe 2 pada tahun 2007, ia memilih untuk berhenti minum alkohol, kemudian dilanjutkan dengan mengurangi makan nasi, kentang, pasta, dan roti putih. Hal ini ia ungkapkan kepada ESPN.

Earl “The Pearl” Monroe
Monroe adalah pemain basket profesional tahun 1967-1980, namun ia menghadapi tantangan yang lebih besar di luar lapangan yaitu ketika dirinya positif terkena diabetes pada tahun 1998.

Pada tahun 2011, monroe (sekarang berusia 60-an), mengambil bagian pertama dalam awal-awal bulan di Diabetes Restoran.  Di 11 kota diseluruh negeri, restoran ditantang untuk membuat menu diabetes populer yang mudah diaplikasikan, sementara pengunjung ditantang untuk membuat pilihan yang sehat (seperti mengirim kembali keranjang roti dan mengajukan pertanyaan terkait bagaimana makanan tersebut disiapkan) metika makanan sudah disiapkan.


Itulah ke 15 artis dunia yang mengidap penyakit diabetes. Semoga dengan ini, kita lebih menjaga kesehatan tubuh agar kelak kita masih bisa mempergunakannya dengan baik tanpa ada halangan apapun.