September 29, 2016

Fakultas Farmasi UI dan Perusahaan Merk Bekerjasama Tangani Diabetes di Indonesia





Jumlah pasien diabetes meningkat setiap tahunnya di berbagai negara tak terkecuali Indonesia. Pada tahun 2014 saja pasien diabetes sudah mencapai 9 juta. Berkaca pada hal demikian, maka Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan perusahaan farmasi yang bernama Merck. Kerja sama ini bertujuan untuk peningkatkan pelayanan kesehatan khususnya bagi penderita diabetes di Indoensia.

Mahdi Jufri, Dekan Fakultas Farmasi UI berkata bahwa ada kebutuhan mendesak terkait kerjasama yang dilakukan, hal ini dikarenakan jumlah diabetes tipe 2 di Indonesia meningkat dengan pesat di Indonesia.

Penyakit ini adalah penyakit epidemik yang terus berkembang di kawasan Asia pasifik akibat dari pola hidup yang tidak sehat. Khususnya di daerah perkotaan yang notabennya kurang menjaga kesehatan tubuh mereka. Banyak sekali kasus obesitas setiap tahunnya yang terjadi di daerah perkotaan.

Yang mengkhawatirkan adalah sebanyak 53% dari penderita diabetes tidak menyadari bahwa mereka terkena diabetes. Angka tersebut berdasarkan riset yang dilakukan baik di puskesmas maupun di rumah sakit. Hal ini terjadi lantaran tidak seimbangnya kadar glukosa dalam darah. Banyak sekali masyarakat yang tidak mematuhi pola hidup sehat, ditambah mereka tidak mau menaati peraturan minum obat antidiabetes yang telah diberikan sehingga menambah panjang perawatan diabetes mereka.

Mahdi berkata, “Mengurangi angka diabetes di Indonesia adalah target kami”. Salah satunya adalah menciptakan masyarakat yang paham dan peduli akan diabetes.

Terkait perusahaan Farmasi bernama PT. Merck. Maka penulis dapat menyampaikan sedikit profile perusahaan tersebut.

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1970 dan menjadi perusahaan publik pada tahun 1981. Sebagaian besar saham yang dimiliki perusahaan ini dimiliki oleh Grup Merck yang berpusat di Negara Jerman. Dan perusahaan ini tercatat sebagai perusahaan farmasi dan kimia tertua di dunia.untuk lebih lengkapnya maka anda dapat berkunjung ke situs resmi dari perusahaan ini di www.merck.de (pusatnya di Jerman) sedangkan untuk Indonesia sendiri anda bisa mengaksesnya di www.merck.co.id. Disana akan dijelaskan lebih detail mengenai profil perusahaan ini.

Kembali ke pokok bahasan mengenai kerjasama tadi. Dalam nota kesepahaman ini, mereka bekerja sama dalam peningkatan pelayanan kesehatan dengan cara meningkatkan program edukasi bagi mahasiswa farmasi dalam pelayanan diabetes secara menyeluruh.

Artinya adalah untuk sektor farmasi menyediakan obat-obatan juga, dan hal ini dikembangkan secara signifikan. Jadi ada 2 objek yaitu pemberian pengetahuan akan bahaya diabetes kepada masyarakat dan peningkatan pelayanan yang dimulai dari program mahasiswa farmasi UI.

Senada dengan Mahdi jufri, Vice President Head of Global Business Responsibility and Market Development Merck, Rasha Kelej menyatakan bahwa penyakit ini terus meluas dan menimbulkan dampak yang mengkhawatirkan di masyarakat.”Terlebih, masih banyak negara berkembang yang belum mumpuni dalam menghadapi penyakit diabetes ini,” ujarnya.

Peneliti dari Fakultas Farmasi UI, Retnosari Andrajati mengatakan bahwa Apoteker, Farmasi, dan segala yang ada didalamnya juga berperan aktif dalam meningkatkan pelayanan kesehatan.

Kerjasama ini akan berlangsung selama 5 tahun ke depan. Dan dengan bersamanya penandatanganan kerja sama ini, Fakultas Farmasi mengadakan Pameran Riset di bidang farmasi. Menurut mahdi, pameran ini berbeda karena memiliki keunggulan tersendiri. Apa keunggulannya? Yang ditampilkan bukan hanya hasilriset , melainkan produk dan populasi manusia yang berkaitan dengan riset tersebut.