January 10, 2017

Apa Itu Penyakit Diabetes Melitus?



Penyakit diabetes melitus merupakan salah satu penyakit mematikan yang ada di dunia. Penyakit ini turut menyumbang banyak pasien yang meninggal. Dan yang lebih mengerikannya lagi adalah penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi yang sewaktu-waktu dapat timbul karena kurangnya perawatan terhadap penyakit yang diderita. Sehingga tentu bagi kita antisipasi sebelum terkena adalah hal wajib. Jangan sampai terlambat dan sudah divonis memiliki penyakit ini.

Menurut sumber wikipedia, di Indonesia sendiri pada tahun 2013 sudah memiliki sekitar 8,5 juta penderita diabetes. Dengan jumlah tersebut negara Indonesia menempati urutan ke 4 negara dengan populasi penderita diabetes terbesar di Asia, dan nomor 7 di Dunia. Coba bayangkan, berarti banyak sekali masyarakat Indonesia yang sudah terkena diabetes.


Bahkan angka tersebut diprediksi akan meningkat menjadi 12 juta penderita di tahun 2020. Sungguh angka yang tidak main-main. Banyak kasus dimana penderita diabetes melitus mengalami komplikasi yang dapat menambah panjang daftar perawatan yang harus dilakukan. Sehingga bagi kita yang masih memiliki kesehatan, jangan anggap remeh penyakit ini. Cegah sebelum diri dan keluarga kita terkena.

Diabetes melitus adalah
Diabetes melitus adalah penyakit yang disebabkan ketidak mampuan tubuh dalam memanfaatkan insulin. Itu jawaban menurut wikipedia yang saya baca. Sedangkan untuk simpelnya adalah penyakit diabetes melitus adalah sebuah penyakit dimana organ pankreas tidak mampu mengubah atau sedikit mengubah gula dalam darah yang seharusnya dijadikan sebuah energi.

Nah, penyebab untuk gagalnya organ pankreas dalam mengolah gula menjadi energi ada beberapa diantaranya pola makan yang tidak sehat, kurang bergerak, kurang istirahat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Secara umum, seseorang akan terkena diabetes apabila mendapatkan tanda-tanda. Beberapa tanda-tanda diabetes yang harus anda ketahui :
-          Sering mengompol pada waktu tidur, ini terjadi baik pada anak-anak maupun dewasa.
-          Muntah dan nyeri lambung
-          Sering merasa kelelahan
-          Merasa haus berlebih
-          Kehilangan berat badan secara drastis
-          Memiliki rasa lapar yang sangat
-          Kehilangan konsentrasi
-          Pandangan mulai kabur
-          Penyembuhan luka yang lambat


 Obat diabetes melitus

Untuk obat diabetes melitus sendiri dapat dibagi menjadi 2, yaitu kimia ataupun herbal. Untuk yang kimia biasanya berdasarkan rekomendasi dari dokter tempat anda sebelumnya diperiksa. Karena jenis obat diabetes cukup banyak. Dan hal tersebut harus disesuaikan dengan kondisi tubuh anda karena setiap obatnya memiliki efek yang berbeda-beda.

Untuk yang herbal, ketika saya mencari di internet cukup banyak yang membahasnya, mulai dari sambiloto, daun insulin, yogurt, kayu manis, pare, dll.

Yang jelas segera tuntaskan penyakit diabetes melitus anda agar tidak terjadi komplikasi, syukur-syukur bisa sembuh total dan anda dapat beraktivitas tanpa adanya gangguan dari penyakit ini. Saya yakin setiap dari kita menginginkan sehat. Untuk itu jaga baik-baik tubuh kita, gunakan waktu yang ada untuk selalu memberikan yang terbaik untuk tubuh seperti berolahraga, makan makanan yang bergizi, cukup istirahat, dll. Semoga artikel ini dapat bermanfaat  untuk kita semua.