November 8, 2015

Kenapa Penyakit Diabetes Dapat Menyebabkan Kematian?



Berbeda dengan penyakit kebanyakan. Diabetes dapat membawa penyakit lain untuk hinggap di tubuh penderitanya. Penyakit ini kerap disebut sebagai Mother of all the diseases yang menjadi awal kemunculan berbagai penyakit komplikasi. Jelas penyakit ini tidak bisa dinaggap remeh karena dapat menyebabkan kematian pada penderita tersebut.


Dr Tri Juli Edi Tarigan, Sp. PD-KEMD, FINASIM berkata, “Diabetes bisa dikatakan mematikan karena bisa menyebakan komplikasi seperti penyakit ginjal dan stroke.”

Di sisi yang lain, gula darah pada penderita diabetes akan terus menerus tinggi dan dapat merusak dinding pembuluh darah kecil (mikrovaskular) dan pembuluh darah besar (makrovaskular). Akibat dari hal tersebut maka diabetes bisa mengalami gagal ginjal, stroke, jantung, impotensi, kebutaan, bahkan dapat menyebabkan amputasi.

Dr Tri Juli juga menuturkan bahwa penyakit diabetes adalah penyakit yang melekat seumur hidup, namun bukan berarti penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Hanya dengan pola makan yang sehat, kontrol darah secara teratur dan olahraga yang dapat menekan penyakit ini.

“Untuk olahraga, tidak perlu yang berat-berat. Cukup yang ringan saja seperti bersepeda, jogging, ataupun sekedar jalan kaki. Intinya melibatkan seluruh otot yang ada di dalam tubuh,” ujarnya.

Waktu yang diajurkan untuk berolahraga adalah 5 kali seminggu dengan durasi waktu sekitar 30-60 menit. Sebab olahraga dapat membuat otot tubuh lebih sensitive terhadap insulin. Artinya apa, bahwa insulin dapat membahwa gula ke salam sel-sel agar dapat dikelola menjadi kalori sehingga gula darah menjadi stabil.


Oleh sebab itu pasien diabetes dapat hidup sehat dan panjang umur asalkan benar-benar memperhatikan pola hidup sehatnya agar terhindar dari komplikasi penyakit.

Zaman semakin maju, sehingga sekarang tidak perlu lagi mengontrol gula darah ke kliknik. Kita dapat melakukannya dirumah. Selain hemat, lebih nyaman, dan tentunya lebih cepat mengetahui hasilnya tanpa perlu pergi ke luar rumah. Jadi bagi anda penderita diabetes sangat disarankan untuk memiliki alat monitor gula darah yang akurat agar sewaktu-waktu dapat mengetahui berapa kadar gula darah anda saat ini.

Semoga sajian kami dapat bermanfaat untuk anda semua, dan insya Allah kita bertemu lagi di pembahasan berikutnya.