June 3, 2016

Kenapa Gula Darah Naik Pada Pagi Hari?



Gula Darah Naik
Ada seorang wanita yang mencoba bertanya kepada salah seorang ahli nutrisi terkait kadar gula darahnya yang tinggi pada pagi hari. Pertanyaan ini mungkin juga ingin anda tanyakan. Kalau iya, silahkan baca terus artikel ini karena saya akan menyampaikan hal tersebut.


Saya mendapatkan artikel ini pada website seorang pakar nutrisi yaitu Jedha Dening Mnutr. BSSc. Menarik karena kita mengira bahwa ketika kadar gula seseorang turun maka hal tersebut akan berlaku untuk waktu yang cukup lama. Nyatanya itu tidak terjadi, bahkan pada beberapa kasus seperti kasus ini gula darah dapat naik. Nah, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan saya berikut ini. Semoga bermanfaat.

Oh ya hampir lupa, saya dibawah ini adalah Jedha Dening. Bukan saya. Jadi jangan dikira saya yang menjawabnya. Saya hanya menyampaikan isi percakapan mereka.

Pada saat ini kami sedang mengikuti Yvonne (seorang Penderita Diabetes tipe 2) dimana selama 6-8 minggu mencoba untuk mengurangi kadar gula darahnya. Kadar A1C, kolesterol, dan lainnya diberi tanda, apakah ikut mengalami penurunan juga.

Yvonne mengirimi saya grafik gula darahnya setiap beberapa hari sekali dan ia selalu membuat beberapa catatan untuk saya.

Pada waktu itu ia memiliki 3 pertanyaan besar terhadap hasil salah satu gula darahnya. Dimana 3 waktu pagi berturut-turut gula darahnya tinggi yaitu 160 (mg/dl atau 8,9mmol/l). ia menuliskan dalam catatannya bahwa ia tidak mengerti sama sekali kenapa gula darahnya bisa naik, padahal pada waktu malam ia tidak makan apapun karena tidak enak badan.

Nah, karena pertanyaan ini muncul. Maka ini merupakan kesempatan yang tepat bagi saya untuk menjelaskan kepada gula darah dapat naik pada pagi hari.

Meskipun tampaknya tubuh memiliki kadar gula darah yang rendah pada pagi hari, hal ini tidak terjadi untuk 5 hal di bawah ini.

1. Glukosa terjadi 24/7
Apa maksudnya?  Maksudnya adalah tubuh membutuhkan glukosa untuk bahan bakar di dalam tubuh. Bahkan saat kita tidur hal ini akan terus berlangsung, oleh karenanya otak dan bagian tubuh kita yang lain akan tetap beroperasi.

Walaupun anda tidak makan, proses ini akan tetap berlangsung dan bahkan jika anda melewatkan makan maka akan terjadi peningkatan produksi glukosa di hati.


2. Hormon pagi dapat meningkatkan glukosa darah
Salah satu hormon yang ada didalam tubuh kita adalah korsitol. Hormone ini memberikan kita energi sehingga tubuh kita bisa bergerak. Nah hormon ini perlahan-lahan meningkatkan kinerjanya dari 03.00 sampai pagi hari. Di sisi lain hormon korsitol juga merangsang kenaikan gula darah sehingga pada penderita diabetes akan mempengaruhi kadar gula darah mereka. Ditambah produksi insulin akan berkurang dengan hormon ini juga. Oleh karenanya kenaikan tersebut akan sangat berbahaya jika tidak diantisipasi dengan tepat.

3. Penurunan produksi insulin
Perlu diketahui bahwa penderita diabetes tipe 2 mengalami penurunan produksi insulin di dalam tubuh mereka, bahkan pada malam hari ketika anda tertidur. Padahal di sisi yang lain glukosa terus diproduksi di dalam tubuh. Sehingga insulin yang ada tidak cukup untuk memproses glukosa yang terus diproduksi ini. Jadi dalam hal ini, menjelaskan bahwa kadar gula Yvnonne begitu tinggi pada esok harinya dengan kondisi ia tidak memakan apapun pada malamnya.

4.  Hipoglikemia

Hal ini memang kurang umum. Tetapi pada beberapa orang yang memiliki diabetes, hipoglikemia dapat terjadi. Hal ini juga dapat mengakibatkan lebih banyak glukosa di dalam tubuh. Ingat, sel-sel di dalam tubuh kita membutuhkannya, jadi jika tubuh berpikir itu rendah maka secara alami produksinya akan berlebih. Jadi jika anda ingin mencoba mengidentifikasi gula darah anda yang naik pada pagi hari, anda seharusnya melakukan test pada malam harinya. Hanya dalam kasus ini mungkin situasi dan insulin anda perlu disesuaikan.

5. Memilih makanan yang miskin akan gizi
Hal terakhir yang dapat memberikan efek tersebut adalah karena kualitas makanan yang anda pilih buruk. Terlepas kapan saat mengonsumsinya, tetap akan berakibat buruk bagi kadar glukosa tubuh anda.

Itulah hasil investigasi Jedha Dening atas Yvnonne. Jadi kalau saya simpulkan kenapa gula darah bisa naik pada pagi hari adalah yang pertama produksi glukosa dalam tubuh akan terus berlansung,. Pondasi ini harus kita ketahui, jadi jangan salah paham dulu. Kemudian ditambah hormone korsitol yang dapat menaikkan kadar gula darah sehingga kemungkinan naiknya menjadi berlipat.


Kalau tubuh kita normal maka itu tidak akan memberikan efek yang jelas. Namun, karena ini dialami oleh penderita diabetes tipe 2, maka hasilnya akan memberikan efek yang buruk. Kemudian, ada hal yang dapat mempengaruhi juga, walaupun sedikit yaitu hipoglikemia. Dan terakhir tentu pola makan yang tidak tepat. Pemilihan makanan yang tidak tepat juga dapat berakibat naiknya gula darah. Sehingga penting kiranya untuk memilih makanan yang terbaik.

Itulah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga pada kesempatan yang lain saya bisa memberikan informasi yang lebih menarik lainnya.