June 2, 2016

Tips Berpuasa Aman Untuk Ibu Hamil Dan Penderita Diabetes


Tips Puasa
SUmber Gambar : www.aryantoherbal.com

Dalam pemeriksaan diabetes, ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan antara lain tes gula darah puasa, HbA1c, dan gula darah dua jam pasca puasa. Untuk ibu hamil sendiri harus memeriksakan kondisi dirinya dan janin dengan bantuan ultrasonografi.


Menurut dr. IGN Adhiartha, SpPD-KEMD memaparkan bahwa secara umum pengelolaan diabetes melitus dapat terkontrol dengan baik selama ibadah puasa Ramadhan. Menurutnya diabetesi termasuk orang-orang yang cukup sehat.

Mungkin ada sebagian yang perlu disesuaikan mengingat diabetes tidak makan kurang lebih 13 jam. Karena itu perlu dilakukan pengelolaan diabetes melitus dengan upaya-upaya seperti olahraga, terapi gizi medis, mengubah gaya hidup, dan pemanfaatan gula darah mandiri..

dr Adhiartha berkata, “diabetes boleh melakukan puasa selama yang bersangkutan tidak memiliki komplikasi berat dan kondisi diabetesnya terkendali.”


Dengan mengatur makanan, diharapkan para diabetes pada akhir bulan Ramadhan tetap terjaga kesehatannya. Kadar gula darahnya tetap dalam posisi normal, begitu juga kolesterol dan berat bdannya terkendali. Hal tersebut meminimalkan resiko komplikasi.

Beda lagi dengan ibu hamil, Dr Atik Purwitaningrum, SpoG menjelaskan bagaimana ibu hamil bisa tetap puasa di bulan Ramadhan. Beliau menjelaskan bahwa ibu hamil boleh melakukan puasa dengan syarat selama melakukan puasa kondisi ibu dan janinnya dalam keadaan baik.

Dr atik melanjutkan bahwa pada prinsipnya kebutuhan kalori ibu hamil berkisar antara 2.200 – 2.300 kalori per hari. Selama kebutuhan tersebut terpenuhi maka isnya Allah kondisi ibu hamil dalam keadaan sehat. Kemudian perlu juga bagi ibu hamil untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk memastikan kondisi kesehatannya.

Kedua dokter tersesebut menjelaskan hal ini pada seminar yang digelar untuk memperingati hari Diabetes Nasional dan sekaligus menyambut datangnya Bulan Ramadhan di Siloam Hospitals Lippo Cikrang. Seminar tersebut mengangkat tema “Berpuasa Sehat Untuk Penderita Diabetes Melitus dan Ibu Hamil”.